Wednesday 13 July 2011

5. Tahap-tahap Membaca



Tahap I
Membaca bahan yang telah dipelajari, mengucapkannya dengan baik ataubahan yang mungkin telah diingat. Bahan-bahan tersebut mungkin berupapercakapan, nyanyian, serangkaian kalimat tindakan ataupun cerita sederhanamengenai hal-hal yang telah dialami.Dalam tahap ini, perlu ada bimbingan untuk mengembangkan ataumeningkatkan responsi-responsi visual yang otomatis terhadap gambaran-gambaran huruf yang akan dilihat pada gambaran cetakan. Selain itu harusbenar-benar memahami bahwa kata-kata tertulis itu mewakili ataumenggambarkan bunyi-bunyi.

Tahap II
Menyusun kata-kata serta struktur- struktur dari bahasa asing yang telahdiketahui menjadi bahan dialog atau paragraf yang beraneka ragam. Padatahap ini perlu dibimbing dalam membaca bahan yang baru disusun.

Tahap III
Membaca bahan yang berisi sejumlah kata dan struktur yang masih asing ataubelum biasa. Beberapa percobaan informal telah menunjukkan bahwa pembacamengalami sedikit kesulitan bahkan tidak mengalami kesulitan sama sekalimenghadapi sebuah kata baru yang diselipkan di antara tiga puluh kata biasa.Pada tahap ini pembaca acapkali teks-teks tata bahasa berisi paragraf-paragraf atau pilihan-pilihan yang sesuai buat bacaan.

Tahap IV
Pada tahap ini, beberapa spesialis dalam bidang membaca menganjurkanpenggunaan teks-teks sastra yang telah disederhanakan atau majalah-majalahsebagai bahan bacaan.

Tahap V
Pada tahap ini seluruh dunia buku terbuka, dalam pengertian bahan bacaantidak dibatasi (Finocchiaro and Bonomo, 1973:123–125 dalam Tarigan,1979:18–20).

3 comments: