Wednesday 13 July 2011

5. Media Pembelajaran Membaca

Media pembelajaran pada dasarnya merupakan alat bantu yang dapatmempermudah pembelajaran. Dalam pembelajaran membaca, mediapembelajaran dapat berupa gambar (peta, tabel, grafik, bagan, dan lainsebagainya), film asing, teks bacaan sastra dan non sastra. Fungsi mediatersebut adalah untuk memperjelas pemahaman siswa dalam memahamiinformasi yang dibaca.Dari penjelasan di atas, maka dapat disimpulkan bahwa fungsi media dalampembelajaran membaca sangatlah penting. Dengan menggunakan media siswaakan tertarik dan mudah dalam memahami informasi.Berkaitan dengan penjelasan di atas, berikut dikemukakan beberapa prinsipyang dapat digunakan untuk memilih dan menentukan media pembelajaran membaca. Menurut Sumadi (2001:35–36) mengatakan prinsip untukmenentukan media dalam bahasa adalah sebagai berikut.a.
Fungsi , Ertinya cocok dengan tujuan pembelajaran yang dilakukan dan benar-benar menunjang ketercapaian tersebut.b. Tersedia ,Ertinya media yang akan digunakan ada dan sudah disiapkan.c.
Murah , Ertinya media yang digunakan tidak harus mahal tetapi terjangkaudan sesuai dengan kemampuan yang dimiliki. d. Menarik , Ertinya media yang digunakan adalah media menarik dan sesuaidengan kebutuhan siswa. Setidaknya ada beberapa kriteria untukmenentukan media yang menarik bagi siswa yaitu: 1) sesuai dengan kebutuhan siswa, 2) sesuai dengan dunia siswa, 3) baru, dan 4) menantang.

No comments:

Post a Comment